Inilah Ayat Quran yang Baik Dibaca Sebelum tidur

Ayat Quran yang Baik Dibaca Sebelum tidur
Ayat Quran yang Baik Dibaca Sebelum tidur


Sahabat Ummi apa yang biasa dilakukan sebelum tidur? Apakah sudah terbiasa merutinkan bacaan ayat quran sebelum tidur? Atau asyik mengecek status orang lain di sosmed?
Kebutuhan membaca ayat al quran sebelum tidur seperti meminum segelas air putih. Terlihat biasa namun kaya manfaatnya jika teratur meminumnya.  Berikut ayat yang baiknya dibaca sebelum tidur:
1. Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas,
Aisyah radhiyallahu‘anha berkata, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlas), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)
2. Ayat Kursi
Hal ini berdasarkan hadits yang diriwiyatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu (HR. Bukhari)
3. Dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah
Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam “Barangsiapa membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupkan-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
4. Surat Al Kafirun
Berdasarkan sebuah hadits yang mengisahkan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam mengajarkan sahabat Naufal untuk membaca surat Al Kafirun sebelum tidur (HR Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi).

5. Surat Al Mulk dan As Sajdah
Hal ini berdasarkan penjelasan sahabat Jabir bin Abdillah, beliau berkata, “Tidaklah Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzilus sajdah (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi biyadihil mulk (surat Al Mulk)” (HR Bukhari).
Maha benar Allah dengan segala firmannya, sesungguhnya tidak ada sesuatu yang tak bemanfaat bagi kita.
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imran:190-191)
Semoga setiap ayat yang kita baca dapat menjauhkan dari panasnya api neraka. Aamiin.
Nurul Aprillianti
Foto ilustrasi: google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Ayat Quran yang Baik Dibaca Sebelum tidur"

Posting Komentar