Karena Alasan inilah, Mengapa Kita Harus Membaca Do’a Sebelum Makan

SepercikHikmah– Sahabat SepercikHikmah, Doa sebelum makan ialah salah satu doa yang sudah diajarkan ketika kita masih kecil. Banyak dari kita yang sudah hafal tentunya, tapi sudahkah kita lakukan setiap sebelum makan?




Islam (dalam bahasa arab al-islam) berarti berserah diri kepada Tuhan. Sedangkan Muslim berarti seseorang yang berserah diri kepada Alloh.

Sebagai seorang Muslim, selayaknya lah kita berserah diri kepada Alloh dalam setiap hal, menyadari ketidaktahuan. Termasuk dalam urusan makanan.

Kita harus menyadari ketidaktahuan kita akan makanan yang kita makan, apakah penuh dengan berkah atau justru sebaliknya?

Apakah penuh dengan kandungan yang baik untuk kesehatan kita atau sebaliknya? dan apakah kita tahu proses yang terjadi di dalam makanan kita ketika kita berdoa?

Dalam hal ini, salah satu cara menunjukan sikap pasrah kita adalah dengan berdo’a kepada Alloh SWT. Menyadari bahwa kita tidak tahu apa-apa dan Alloh Maha Mengetahui. Serahkan segala hal kepada-Nya.

Mudah-mudahan dengan berdo’a, makanan yang akan kita makan akan diberkahi oleh Alloh SWT dan dijauhkan dari kandungan-kandungan makanan yang dapat merugikan diri kita.

Minimal dengan mengucapkan kalimat Basmallah sebelum makan:

Bismillahirrohmaanirrohiim

atau lebih baik jika diteruskan dengan doa sebelum makan:

Allohumma baariklan­­­aa fiima rozaqtanaa waqinaa adzaabannaar

yang artinya adalah “Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Yuk mulai sekarang biasakan diri untuk membaca doa sebelum makan, agar apa yang kita makan makin berkah.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda

Sumber : islamidia.co

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karena Alasan inilah, Mengapa Kita Harus Membaca Do’a Sebelum Makan"

Posting Komentar